mercredi 6 mai 2020

KEMITRAAN SINERGIS MUSEUM DAN MASYARAKAT


MK ARSIP, MUSEUM DAN DOKUMENTASI  | SEJ614418
Pertemuan Ke-15 Work from Home | Rabu, 6 Mei 2020 | 07.30 – 09.10

Materi Kuliah
MEMBANGUN KEMITRAAN SINERGIS ANTARA MUSEUM DAN MASYARAKAT
Oleh Moh Ali Fadillah

Sesuai dengan perkembangan dan kecenderungan masyarakat di era Millenium ketiga, baik di tingkat internasional maupun nasional, museum mengalami perubahan besar seiring dengan kemajuan teknologi dan informatika. Dilihat dari aktivitasnya, sebagai lembaga nirlaba museum telah menempatkan diri sebagai institusi yang dinamis. Sejalan dengan itu, tuntutan publik juga meningkat yang mengharapkan museum bukan hanya sebagai tempat menyimpan dan memamerkan benda-benda koleksi, melainkan juga dapat memainkan peran sebagai lembaga yang mampu memfasilitasi hubungan antar-budaya sebagai bagian dari dinamika kehidupan sosial.  Contoh dari hubungan antar-budaya adalah adanya keinginan individu atau kelompok orang dari suku bangsa lain atau negara lain berkunjung ke Museum karena tertarik melihat koleksi hasil karya budaya etnik atau negara asalnya.
Berikan komentar ringkas (Kelompok 1 – 3):
Saya pernah menemani seorang pakar keramik Jepang, ingin membuktikan sebaran keramik Jepang yang berasal dari perajin keramik di daerah Arita, Kyushu dengan berkunjung ke Museum Situs Banten Lama? Tahukah saudara, dari pelabuhan mana keramik Arita (Arita ceramics) dikapalkan untuk eksport, dan adakah contoh keramik Arita pada display Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama?

Gejala-gejala yang terkait dengan pengembangan museum tersebut hendaknya dibarengi dengan penyiapan museum dalam menjalin hubungan positif dengan masyarakat dalam berbagai jenis pelayanan museum. Konsekuensinya, museum perlu didukung oleh tenaga-tenaga profesional yang bukan hanya menuntut keahlian di bidang museologi, tetapi juga tercakup didalamnya keahlian bidang hubungan masyarakat (public relation). Keberadaan fungsi kehumasan itu, di samping memberikan pelayanan kepada masyarakat juga harus dapat menjalin kemitraan yang sinergis.

Pentingnya kemitraan museum adalah karena museum sebagai lembaga nirlaba, seringkali membutuhkan partisipasi aktif masyarakat baik dalam rangka ikut serta memberikan informasi tentang benda-benda koleksi maupun dukungan finansial yang diperlukan dalam pengembangan museum. Maka museum di sini harus dapat membangun suatu kemitraan positif yang dapat memainkan peran dalam jaringan sponsorship yang bukan saja bersifat finansial tetapi juga dalam bentuk jaringan pecinta museum, pelestarian budaya, dan terutama dalam membangun citra museum baik untuk masa kini maupun masa yang akan datang.
Berikan komentar ringkas (Kelompok 4 – 6):
Peran apa saja dari ”Sahabat Museum” dalam rangka turut mengembangkan fungsi museum khususnya pada museum daerah di Provinsi Banten ...?

Fungsi-fungsi hubungan masyarakat pada museum sekurang-kurangnya diarahkan untuk: (1) membangun citra museum sebagai lembaga yang memiliki kebermanfaatan secara sosial, (2) menyampaikan informasi ilmu dan pengetahuan dari benda koleksi, (3) membangun opini masyarakat tentang pengembangan museum, (4) mensosialisasikan kebijakan, rencana program dan kegiatan museum secara obyektif dan transparan, (5) melakukan pendekatan persuasif dan familiar untuk pembentukan sikap dan peningkatan minat masyarakat berkunjung ke museum, (6) mengintegrasikan program dan kegiatan museum dalam konteks dinamika kehidupan masyarakat.
Berikan Komentar Ringkas (Kelompok 7 – 9):
Sudahkah museum di daerah merealisasikan fungsi kehumasan tersebut ...! Ada pengalaman menarik ...?

Kemitraan Museum
Kemitraan (partnership) merupakan faktor krusial dalam penyelenggaraan museum. Hal itu disarankan mengingat partisipasi masyarakat sangat penting baik sebagai pengunjung maupun sebagai mitra. Kemitraan dalam hal ini merupakan bentuk kerjasama antara museum dengan masyarakat baik sebagai individu maupun kelompok atau lembaga. Jalinan kerjasama tersebut menuntut realisasi yang positif bagi peningkatan fungsi museum. Untuk mewujudkan kemitraan museum dan masyarakat perlu memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut: (1) kesamaan visi dan misi terutama berkenaan dengan wawasan kehidupan bernegara, berbangsa dan bermasyarakat, pengembangan jatidiri dan dan penerapan nilai-nilai luhur bangsa, (2) tanggung jawab bersama atas kesepakatan yang dibangun baik secara bilateral maupun multilateral antara lembaga museum dengan individu atau institusi lain dengan menjunjung tinggi semangat kebersamaan secara berkesinambungan, (3) partisipasi, akseptasi, komunikasi, saling percaya dan kemauan berbagi dalam mewujudkan kegiatan kemitraan museum, (4) seimbang dan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak yang bermitra, (5) terbuka dan tidak terkait dengan kepentingan politik praktis dalam membentuk dan melaksanakan kemitraan, (6) berwawasan pelestarian, pemanfaatan dan pengembangan museum.

Untuk menjalin kemitraan sesuai dengan prinsip di atas, museum hendaknya memberikan peluang kepada masyarakat sebagai individu ataupun kelompok / lembaga yang memiliki perhatian terhadap pelestarian alam dan budaya serta pengembangannya bagi peningkatan kualitas hidup dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.  Dengan potensi yang dimiliki oleh masing-masing pihak, kemitraan dapat diwujudkan dengan keikutsertaan dalam berbagai aspek permuseuman, baik dalam hal kepakaran, akses, pengayaan koleksi dan dukungan finansial yang dipandang sebagai faktor-faktor yang dapat mengembangkan museum. Berbagai bentuk keuntungan yang dapat diperoleh dari kemitraan, tidak hanya dalam hal pendanaan atau material saja, tetapi juga berupa fasilitas, jaringan, tenaga dengan keahlian yang dibutuhkan serta peluang-peluang bagi pengembangan museum.

Sebagai contoh bentuk kemitraan museum adalah kerjasama Museum Negeri Provinsi Banten dengan NGO Banten Heritage dalam hal advokasi dan kontribusi bakal koleksi museum. Untuk memperkaya koleksi museum, pada 13 Januari 2016 Banten Heritage pernah menyerah-terimakan artefak berupa ”pipisan batu” dan ”lumpang batu” temuan masyarakat di daerah Pandeglang. Kedua artefak tersebut diserahkan oleh Budi Prakosa, SH, salah seorang pendiri Banten Heritage yang diterima oleh Kepala UPT Museum Negeri Provinsi Banten, Drs.Tasrif di ruang pamer museum (lihat foto).
Berikan komentar ringkas (volunter):
Sebagai mahasiswa, saudara mempunyai kapasitas untuk membangun kemitraan museum. Peran apa yang paling spesifik dari mahasiwa Jurusan Pendidikan Sejarah dalam menguatkan fungsi kemitraan museum...?

Untuk mengefektifkan kemitraan tersebut, museum harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut: (1) ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai dasar penyusunan nota kesepakatan bersama (memorandum of understanding), (2) kesiapan sumberdaya manusia yang diperlukan dalam kemitraan, (3) mempersiapkan program kemitraan yang jelas dan menarik, (4) menentukan mitra yang tepat, (5) adanya jaminan perlindungan hukum, (6) evaluasi program kemitraan, dan (7) kekhasan dalam kemitraan yang disesuaikan dengan kondisi sosial dan budaya daerah setempat.

Mengacu pada prinsip dan ketentuan khas penyelenggaraan museum, pola kemitraan dapat diwujudkan dalam bentuk sebagai berikut: (1) kemitraan dalam pengembangan museum, mencakup pendidikan dan pelatihan SDM museum, pengadaan dan konservasi koleksi, pameran dan promosi, pemanduan pengunjung (bimbingan edukatif), penggalian dana (fundrising) penyelenggaraan museum, (2) kemitraan dalam pengelolaan sarana dan prasarana di kompleks museum mencakup kompleks museum dan prasarana lain yang accessible bagi publik.
Berikan komentar ringkas (volunter):
Ada gagasan bagaimana bentuk atau pola kemitraan dalam pengelolaan sarana dan prasarana museum sebagai bagian dari pembelajaran peserta didik ...?

Kemitraan juga dapat dijalin dalam bentuk pemanfaatan kompeks museum untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan di museum. Untuk itu diperlukan ketentuan yang berlaku dan disepakati bersama. Dalam pemanfaatan sarana dan prasarana tersebut, pihak-pihak yang bersepakat dapat mengajukan kegiatan baik yang terkait langsung dengan tugas pokok dan fungsi museum maupun dalam kegiatan lain yang berpotensi menarik minat dan meningkatkan kunjungan ke museum. Pihak-pihak yang akan memanfaatkan sarana dan prasarana museum dapat perseorangan ataupun lembaga, baik instansi pemerintah, swasta maupun komunitas yang sejalan dengan visi dan misi museum.

Dalam pemanfaatan museum tersebut,  kemitraan dapat melibatkan sekurang-kurangnya 8 stakeholders, yaitu terdiri dari: pemerintah pusat (nasional), pemerintah daerah (bagi museum di daerah), pengelola museum, lembaga litbang, industri & jasa pariwisata, komunitas museum, masyarakat setempat, dan pengunjung / wisatawan. Para mitra museum sebagaimana digambarkan pada bagan di atas berperan menurut domain dan kapasitas masing-masing.

Referensi:
Ardiwidjaja, Roby. 2006. ”Museum sebagai daya tarik wisata”, makalah pada Seminar Pendirian Museum Negeri Provinsi Banten, Anyer: Disbudpar Provinsi Banten.
Sakai, Takeshi. & Naniek Harkantiningsih, Wibisono (ed). 2000. Laporan Penelitian Ekskavasi Situs Tirtayasa, Banten. Tokyo: Institute of Asian Cultures, Sophia University.
Sutaarga, Moh. Amir. 1998. Pedoman Penyelenggaraan Permuseuman, Jakarta: Depdikbud.
UU No. 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya
PP No. 19 Tahun 1995 tentang Pemeliharaan dan Pemanfaatan Benda Cagar Budaya di Museum.
Permenbudpar No. 34 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Kerja Khusus Kurator Museum

39 commentaires:

  1. Assalamualaikum wr wb
    Nama saya Aldo Aldiyansah (2288180020) dari kelompok 6 izin menjawab, bagi para pecinta museum peran untuk mengembangkan fungsi museum khusus yang berada di Provinsi Banten yang pertama Menanamkan kesadaran pada masyarakat akan arti dan makna museum, bekerja sama dengan media massa agar terpublikasi kepada masyarakat luas, Promosi dengan menual benda-benda cenderamata, Membuat karcis masuk museum semenarik mungkin agar menarik perhatian pengunjung/ masyarakat.

    RépondreSupprimer
  2. Usul bagus. Thanks Aldo, perlu format yang real ..!

    RépondreSupprimer
  3. Assalamualaikum w.w.
    Nama : Solihah
    NIM :2288180030
    Ijin berkomentar terkait peran yang paling spesifik dari mahasiswa jurusan pendidikan sejarah dalam menguatkan fungsi kemitraan museum. Menurut saya bagaimana jika mahasiswa pendidikan sejarah melakukan kerjasama kepada pihak museum. Mahasiswa bisa menyumbangkan pengetahuannya atau bisa menjadi guide atau edukuator kepada pengunjung museum. Selain mahasiswa juga bisa sebagai sarana untuk promosi koleksi yang terdapat di museum kepada masyarakat misalnya membuatkan famplet atau infografis terkait dengan benda- benda yang terdapat di dalam museum.

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Sudah ada penjajagan dgn pihak BPCB, tinggal realisasi kerjasama bimbingan edukatif di museum situs Banten Lama. Di hari libur pengunjung museum meningkt seiring dengan kemudahan akses dan fasilitas umum di Banten Lama.

      Supprimer
  4. Nama Aslikah.
    Izin menanggapi terkait peran sahab museum, Peran sahabat museum salah satunya bisa menarik partisipasi masyarakat untuk berkunjung ke museum, bahwa museum adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi agar masyarakat mengetahui bagaimana nilai-nilai kebudayaan yang terdapat di daerahnya. Sehingga akan memperkuat rasa kebanggan terhadap daerahnya. Menurut saya di zaman sekarang masyarakat sudah sangat tertarik berkunjung ke museum dengan berbagai kegiatan-kegiatan yang ada, seperti pameran ,seminar dan lain sebagainya. Dan hal ini tidak terlepas dari sahabat museum yang ada, yang mempromosikan museum melalui media sosial, kegiatan-kegiatan museum yang melibatkan masyarakat luas, juga mahasiswa sekitarnya. Terimakasih🙏

    RépondreSupprimer
  5. Saya Dwi Riyanti dari kelompok 4.
    Banyak sekali museum museum yang di Banten ini, tapi sayangnya kesadaran masyarakat sekitar Banten yang kurang perhatian terhadap museum tersebut sehingga ada museum yang terabaikan tak banyak dikunjungi oleh pengunjung. Dengan cara menyebarkan informasi dengan poster, blog, web, share artikel ke sosial media agar banyak orang yang mengetahui sejarah kebedaan museum yang ada di Banten tersebut dan dikunjungi oleh orang dari berbagai kalangan yang ingin mengetahuinya. Dan pentingnya bekerjasama dengan masyarakat sekitar dengan menyebar luaskan informasi tentang museum tersebut dapat meluas hingga keluar Banten.

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Mungkin kunjungan museum belum jadi trend di Banten. Barangkali juga rekreasi masih diartikan liburan ke tempat-tempat wisata massal. Atau sebaliknya, museum masih berkesan angker, seram dan gudang barang antik.

      Supprimer
  6. Bismillah, Mohon izin pak. Nama saya mochammad Mugi setiyanto, dengan NIM 2288180036 dari kelompok 2. izin memberikan pendapat saya mengenai soal tersebut.

    1.Keramik Imari (Imariyaki) adalah salah satu jenis keramik Jepang yang berasal dari wilayah Arita, Kyushu, Jepang. Ada juga yang menyebutnya dengan istilah Keramik Arita. Keramik Imari diambil dari nama pelabuhan Imari yang digunakan untuk mengapalkan keramik asal Arita ke Eropa pada akhir abad ke-17. dalam buku ragam pusaka banten oleh Drs. H. Tri Hatmaji pada halaman 151, disitu tertulis bahwa "temuan pecahan-pecahan jambangan ini dapat direkonstruksi menjadi utuh dan kini disimpan di museum situs, banten ".

    Kemudian, saya juga akan menyampaikan pendapat terkait dengan

    2. Peran sebagai mahasiswa, tentu sebagai agent of change saya akan melakukan upaya-upaya yang dapat memajukan museum-museum lokal. salah satunya berupaya mencari relasi dan berkolaborasi baik ditingkat museum maupun pariwisata dan ekonomi kreatif, dari sisi museum sudah jelas bahwa akan melestarikan, membina, sekaligus mengembangkan budaya masyarakat baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud. Melalui pesan-pesan yang dirangkai lewat display dan ruang pameran kemudian sebagai sarana komunikasi dan jembatan penghubung yang dapat memicu kesadaran dan pengetahuan bagi masyarakat. Dari sisi ekonomi kreatif, kita juga membuat video baik disosmed maupun live streaming sehingga menghasilkan adsense untuk menambah pendapatan. Dan terakhir dari pariwisata jelas sekali sebagai tujuan utama dari ekonomi kreatif itu sendiri untuk menarik para wisatawan mengunjungi museum, sehingga menghasilkan pula tambahan pendapatan bagi pemprov bahkan negara *tergantung regulasi pembagian anggaran.

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Jangan terbalik: Arita nama pabrik (perajin) dan Imari pelabuhan pengapalan ke luar Jepang. Check di Museum Banten Lama, barangkali ada sampel fragmen keramik dari ekskavasi Tirtayasa. Di Jurusan Pend. Sejarah sudah ada Lab Sejarah, bisa partisipasi rancang museum digital.

      Supprimer
  7. assalamualaikum, wr, wb izin menanggapi dari peran museum dalam merealisasikan fungsi kehumasan, dari pengalaman yang pernah saya kunjungi yaitu perayaan yang terdapat di museum Fatahilah pada tahun 2019 berbarengan dengan kunjungan mahasiswa pendidikan sejarah 2018 ke jakarta. Museum yang ada di Banten sendiri yang saya ketahui melalui pengalaman teman-teman juga banyak menyelenggarakan kegiatan yang melibatkan dan mengundang masyarakat umum dan akademik, museum juga memberikan wadah yang cukup luas bagi komunitas untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan. hal ini merupakan bentuk museum sebagai lembaga yang memberikan kebermanfaatan secara sosial dan bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan museum itu sendiri dan program-programnya

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Informasi bagus, semoga bisa berdampak pada tingkat kunjungan. Himpunan mhs pend sejarah pernah mengadakan event budaya di museum ?

      Supprimer
  8. Saya Pina Yulianti (2288180023) izin mengomentari mengenai peran para sababat museum dalam mengembangkan fungsi museum yaitu dengan menyebar luaskan informasi terkait museum khususnya di provinsi banten melalui media, seperti mempromosikan museum dalam bentuk videografi mengenai museum yang sangat epik dan disebar luaskan melalui sosial media sehingga akan menarik minat masyarakat luas.


    Izin mengomentari mengenai peran mahasiswa pendidikan sejarah dalam membangun fungsi kemitraan museum yaitu dengan cara bekerja sama dengan pihak museun dan membentuk suatu komunitas pecinta museum. Kemudian bekerja sama dengan komunitas-komunitas lain yang ada untuk membantu dalam praktik komunikasi untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap museum.
    Terima kasih,

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Bisa direalisasikan setelah situasi kembali normal ..?

      Supprimer
  9. Assalamualaikum wr.wb
    Perkenalkan nama saya Dwi Cahyani dari kelompok 3.
    Latar belakang Keramik Imari berasal dari Arita, jepang. Keramik Imari diambil dari nama pelabuhan Imari yang digunakan untuk mengapalkan keramik asal Arita ke Eropa pada akhir abad ke-17. Pada awalnya Keramik Imari hanya diperdagangkan ke dalam negeri apabila keramik Imari yang di ekspor maka coraknya akan di bedakan,. Keramik Tiongkok yang kasar diperdagangkan di Jepang di awal abad ke-17. Kekacauan yang terjadi di Tiongkok saat itu telah mengganggu produksi keramik Tiongkok. VOC akhirnya memasarkan Keramik Imari ke Eropa.akhirnya Tiongkok memproduksi Keramik Imari imitasi, menyingkirkan barang asli Jepang pada tahun 1760.
    Dimuseum Kepurbakalan Banten teedapat display mengenai perabotan rumah tangga yang terbuat dari keramik peninggalan masyarakat cina yang tinggal di Banten. Apabila dilihat secara visual display tersebut mirip berwarna biru cobalt pada latar putih dan kemudian diglasir (glasir biru).

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Referensinya? Jangan keliru dgn Hizen ware, juga biru putih. Masih jarang spesialisasinya di Indonesia, Dewi Cahyani bisa konsentrasi di studi keramik ...?

      Supprimer
  10. Saya Abdul Rohman (2288180006) izin menanggapi bapak terkait :
    1. Peran Mahasiswa pendidikan sejarah dalam menguatkan kemitraan Museum. Tentunya kita sebagai mahasiswa pendidikan sejarah yang mempunyai kapasitas dan kemampuan dalam hal yang merujuk pada kesejarahan, bisa ikut berpartisipasi dalam melakukan mitra bersama Museum daerah setempat, dengan mitra kita sebagai mahasiswa menjadi seorang pemandu Museum. Catatannya disini mahasiswa harus mampu menguasi segala aspek kemuseuman dan materinya. Agar fungsinya membantu pihak Museum menyampaikan informasi kepada pengunjung, terutama pelajaran/peserta didik.

    2. Bentuk kemitraan dalam hal pengelolaan saran dan prasarana Museum sebagai salah satu sumber pembelajaran peserta didik. Bisa dilakukan dengan menjalin kemitraan dengan dinas pariwisata dan dinas Kebudayaan untuk membuat replika/miniatur/cendramata benda sejarah. Kemitraan juga bisa dibangun dengan mahasiswa atau komunitas untuk membuat video (audie visual) untuk membantu memahami ketika dalam proses pembelajaran peserta didik di museum.

    Terimakasih, sebelumnya mohon maaf bila ada kekurangan 🙏

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. 1. Kalau begitu, jangan biarkan sejarah hanya "narasi", tapi buatlah sbg wahana dialog menarik.
      2.Bisa dirancang dalam kelompok. Mulai dari kelas.

      Supprimer
  11. Assalamualaikum. Nama saya Siti Fitriyah izin menjawab bahwasannya saya sebagai mahasiswa Pendidikan Sejarah mempunyai Peran dalam menguatkan fungsi kemitraan museum yaitu bekerjasama dengan pihak museum dan komunitas-komunitas guna mempermudah informasi. Dan juga kami mahasiswa bisa mengerjakan tugas secara mandiri untuk berkunjung ke museum dan memastikan bahwa aktifitas yang kamu jalankan adalah memahami dan mengelola museum sebagai daya wisata dan
    memanfaatkan museum sebagai tempat atau sumber informasi. Dan juga meyakinkan beberapa mata kuliah yang sangat relevan untuk proses pembelajaran pendukung selain pertemuan Secara formal di dalam kelas. Di dalam cakupan pembelajaran pengunjung pada taraf perguruan tinggi adalah penelitian. Mahasiswa Sejarah sangat dianjurkan melakukan penelitian di museum dengan topik yang variatif dengan
    latar belakang keilmuan yang variatif pula. Tingkah laku pengunjung, tata letak koleksi, teknologi dan informasi, sejarah dan budaya adalah beberapa topik
    penelitian yang dapat dilakukan di museum. Beberapa museum memiliki fasilitas penunjang pembelajaran.

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Itu pentingnya riset sebelum memulai pekerjaan. Ada cukup ruang dialog di museum.

      Supprimer
  12. Fahri Ramliza 2288180027
    Izin menanggapi terkait kehumasan museum di daerah rumah saya tepatnya di Tangerang di dekat sungai Cisadane atau PasarLama ada museum Benteng Heritage, berdasarkan pengalaman saya pihak pengelola melakukan hubungan kehumasan dengan masyarakat sekitar yang dimana dalam 1tahun/beberapa tahun sekali akan mengadakan tradisi luhur yang diwariskan atau pun masyarakat mendukung pihak museum dgn berbagai cara bahkan ada yg menjadi penghibah benda koleksi.


    Selanjutnya untuk membangun kemitraan menururt saya sbg mahasiswa Sejarah adalah dengan mempromosikan museum kepada masyarakat luas ataupun bisa menjadi volunteers dalam kegiatan museum seperti excavasi atau pameran atau apapun itu.
    Terima kasih pak

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Sekurangnya peserta didik ! Penting menjalin kerjasama dengan sekolah termasuk untuk introduksi substansi MK Arsip, Museum dan Dokumentasi.

      Supprimer
  13. assalamualakum wr,wb. saya sifa tantriani(2288180034) izin menjawab Peran dalam rangka turut mengembangkan fungsi museum khususnya pada museum daerah di Provinsi Banten yaitu meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap budaya yang ada di provinsi banten, Mengembangkan media pembinaan pendidikan kesenian, dan ilmu pengetahuan seperti dengan cara menyebarkan informasi melalui poster, blog, yotube, instagram, dan aplikasi lainnya ke sosial media agar banyak orang yang mengetahui sejarah kebedaan museum yang ada di Provinsi Banten, mengadakan pameran hingga masyarakat tertarik dengan museum yang ada di provinsi banten

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Ada data statistiknya tingkat kepedulian publik Banten terhadap museum? Jika sudah normal, bisa mulai merancang temporary exhibition di kampus? Silakan pilih tema yang terkait dgn Tridharma PT.

      Supprimer
  14. via afiah (2288180004)
    tugas mehasiswa dalam menguatkan kemitraan museum adalah mahsiswa bisa melakulan sosialisasi kepada masyarat supaya masayarakat mengetahui tetang kemintraan museum ini. tapi sebelum melakukan sosialisasi pihak jurusan sejarah harus melakukan kerjasama pada museum dan mendapatkan izin pada pihak museum. setelah itu kita bisa memanfaatkan fungsi museum dan menyebar luarskan pada masyarakta umum.

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Sedang dirancang untuk adakan kerjasama dengan pihak museum. Se.moga berhasil

      Supprimer
  15. Assalamualaikum nama saya Aulia Meylita, izin menanggapi mengenai pertanyaan Sebagai mahasiswa, saudara mempunyai kapasitas untuk membangun kemitraan museum. Peran apa yang paling spesifik dari mahasiwa Jurusan Pendidikan Sejarah dalam menguatkan fungsi kemitraan museum.
    Sebagai mahasiswa pendidikan sejarah, tentunya kami bisa menjalin kerjasama dengan museum. Dimana mahasiswa pendidikan sejarah, memiliki kemampuan dibidang kesejarahan. Adapun bentuk kemitraan nya yaitu adanya program lapangan yang diikuti oleh mahasiswa pendidikan sejarah. Dimana para mahasiswa yang mengikuti program kerja lapangan tersebut, diharapkan dapat menginterpretasikan dan
    memahami koleksi museum dengan baik, sehingga tidak hanya dapat mempromosikan
    museum namun ada suatu pemahaman yang diterima oleh para pelaku kerja lapangan di
    museum tersebut.

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Harusnya memang ada kunjungan lapangan khususnya ke museum. Tetapi sementara ini tidak memungkinkan, semoga Indonesia segera terbebas dari pandemic.

      Supprimer
  16. Assalamualaikum, saya Devi Novitasari, izin menjawab pertanyaan, sebagai mahasiswa pendidikan sejarah tentu akan selalu berkaitan dengan museum maka kemitraannya dengan museum haruslah terjalin dengan baik, dengan semua program lapangan yang dilakukan tentu akan berhubungan dengan museum dan diharapkan juga dapat saling berbagi pemahaman terimakasih.

    RépondreSupprimer
  17. Izin mengomentari terkait tugas mahasiswa dalam menguatkan kemitraan museum yaitu dengan cara melakukan promosi terhadap museum atau menyebarluaskan mengenai informasi yang ada di museum kepada masyarakat dengan cara menggunakan berbagai media seperti youtube, instagram dan lain lain. Dari media tersebut informasi mengenai museum dapat tersampaikan dengan cepat kepada masyarakat luas. Terimakasih

    RépondreSupprimer
  18. Assalamualaikum izin mengomentari terkait penguatan kemitran museum, peran masyarakat sekitar maupun masyarakat luas sangat mempengaruhi kemitraan museum yang positif,museum ini dapat memberikan pengetahuan yang lebih dan dalam museum pun bisa juga membuka perayaan museum hingga semua masyarakat dapat menikmati museumnya.
    Terimakasih

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Museum Day ...? Bagus juga, termasuk usulan utk pemberian Museum Awards !

      Supprimer
  19. Assalamualaiku, Izin menanggapi terkait tugas mahasiswa dalam menguatkan kemitraan museum Kita sebagai mahasiswa pendidikan sejahar harus mampu menjadikan Museum sebagai tempat yang menyenangkan untuk semua kalangan, baik untuk orang tua, pelajar, maupun anak-anak sekalipun, karena museum merupakan salah satu lembaga pendidikan informal.

    Menjadikan Museum sebagai tempat rekreasi edukasi dimana pengunjung bukan hanya mendapatkan pengetahuan yang diperoleh dari informasi dan koleksi yang disajikan.
    Terimakasih

    RépondreSupprimer
  20. Ismi Novianti (2288180017)
    Berdasarkan sumber yang saya cari di internet yaitu ebook yg berjudul the way I look at it karya Inge Lie Loan Inge, pelabuhan tempat pendistribusikan keramik yang berasal dari pelabuhan Imari. Menurut website kemendikbud tentang museum purbakala Banten yang ditulis oleh BPCB Banten, terdapat koleksi museum bekas peninggalan keramik Jepang yang ditemukan di Banten.

    RépondreSupprimer
  21. Selamat, kenal dgn penulisnya lebih bagus lagi. Saya sendiri senang menikmati karya perajin keramik Arita, bauran antara Art & Technology selama berabad-abad tak lekang waktu. Coba nanti check lagi di Museum Banten Lama ada display Japanese ceramics. Barangkali bisa melihatnya secara fisik.

    RépondreSupprimer
  22. Tks untuk comment slruh mahasiswa pada kuliah terakhir dalam semangat Work from Home. Bravo students!

    RépondreSupprimer