mardi 5 mai 2020

PENGEMBANGAN SITUS BANTEN LAMA SEBAGAI DESTINASI PARIWISATA


MK GEOGRAFI PARIWISATA
Pertemuan Ke-15 Work from Home | Semester Genap (II) 2020
Selasa, 5 Mei 2020 | Kelas B: 07.30 – 09.30 dan Kelas A: 09.10 – 10.50

Materi Kuliah
PENGEMBANGAN SITUS BANTEN LAMA SEBAGAI DESTINASI PARIWISATA

Sejak musim penelitian arkeologi pertama tahun 1976-1977, situs Banten Lama telah menjanjikan sebuah harapan besar bahwa di masa yang akan datang daerah Banten akan memiliki warisan budaya yang merepresentasikan entitas budaya penting dalam pentas kebudayaan nasional. Entitas budaya itu akan mewakili semangat zaman dalam bentuk peradaban Islam yang dibuktikan oleh keberadaan kompleks kota bercorak Jawa - Islam. Beberapa seminar dan workshop bertaraf nasional dan internasional telah merekomendasikan urgensi pengerjaan arkeologi baik melalui penelitian dan pelestarian maupun pengembangannya. Berangkat dari semangat itu, berbagai program penelitian yang bersifat multi-disiplin direalisasikan. Demikian pula dengan penelitian arkeologi yang sejak itu berlangsung semakin intensif untuk memetakan dan menghimpun selengkap mungkin data arkeologi melalui survey dan ekskavasi di seluruh kompleks situs Banten Lama.
Berikan komentar ringkas (Kelas B):
Banten Lama dikenal sebagai ibukota Kesultanan Banten. Selain arkeologi, disiplin ilmu apa saja yang turut melakukan penelitian di situs Banten Lama … ? Barangkali ada riset yang lebih sepesifik dan membutuhkan disiplin ilmu tersendiri ?

Penelitian arkeologi yang dilakukan secara simultan dan berkala itu telah menghasilkan sejumlah besar struktur / substruktur bangunan dan artefak yang terasosiasi dengan aktivitas manusia yang mengokupasi situs Banten Lama sejak awal abad XVI sampai abad XIX. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, para ahli berkesimpulan bahwa situs Banten Lama merupakan ibukota Kesultanan Banten yang mencerminkan sistem permukiman kota dengan berbagai subsistem didalamnya. Kesimpulan penelitian itu merekomendasikan perlunya pengamanan, perlindungan dan pelestarian bangunan, artefak dan situsnya itu sendiri, mengingat masih banyak data yang belum terungkap dan terdesposit di dalam tanah.  Maka untuk menjamin otentisitas sumber informasi arkeologi, kompleks situs Banten Lama harus terbebas dari segala gangguan atau ancaman yang dapat merusak dan menghilangkan data arkeologi sampai berakhirnya penelitian.
Berikan komentar ringkas (Kelas B):
Jenis gangguan atau ancaman apa yang berpotensi merusak dan menghilangkan data arkeologi di situs Banten Lama …?

Selesainya penelitian arkeologi dilanjutkan dengan upaya pemugaran berbagai bangunan yang dipandang penting dan masih memungkinkan untuk direstorasi. Pemerintah daerah memandang situs Banten Lama sebagai aset yang sangat penting untuk dikelola dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang terutama melalui kegiatan ziarah dan kunjungan wisata budaya. Mengingat pentingnya kesinambungan pembinaan dan pengembangan situs Banten Lama,  maka perencanaan tata ruang disusun dan kemudian direalisasikan untuk membangun berbagai fasilitas umum (non arkeologis) berupa sarana dan prasarana pendukung dalam konsep tata ruang terpadu yang sepertinya mengidealkan sebuah destinasi berkonsep “Taman Budaya Banten Lama.

Perlu dicatat bahwa berkat potensinya itu, Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2011 tentang RIPPARNAS (Lampiran II) telah menetapkan Banten Lama sebagai salah satu Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional, bersama Carita, Ujung Kulon dan Kanekes-Baduy. Pemerintah Provinsi Banten juga telah menetapkan Serang - Banten Lama sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Provinsi sebagaimana tertuang dalam Peraturan Daerah Provinsi Banten Nomor 6 Tahun 2019 tentang Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Provinsi (RIPPARPROV).
Berikan komentar ringkas (Kelas A):
Apa yang menjadi daya tarik utama dari situs Banten Lama sebagai destinasi pariwisata? dan produk (bentuk) wisata seperti apa yang ideal bagi segmen pasar Banten Lama  …?

Namun menurut hasil kajian tim peneliti dari LIPI sebagaimana telah diterbitkan dalam buku “Banten Lama dalam Perkembangan: Politik Ekonomi Pengelolaan Cagar Budaya (2014), selama kurun waktu tiga dasawarsa lebih perencanaan tata ruang belum dapat direalisasikan sebagaimana mestinya. Bahkan, mengingat permasalahan sosial di lapangan, pekerjaan perlindungan dan pemugaran bangunan arkeologi kerap mengalami beberapa hambatan, dan pembangunan fisik (sarana dan prasarana) pun belum memberi dampak positif bagi pencapaian sebuah taman budaya Islam di Banten Lama. Keseluruhan proses pembangunan fisik berpotensi menimbulkan benturan kepentingan dan merangsang munculnya dislike dari masyarakat setempat.
Berikan komentar ringkas (Kelas A):
Pihak mana saja yang mempunyai kepentingan langsung terhadap situs Banten Lama dan apakah ada usul bagaimana menemukan solusinya agar semua pihak dapat berpartisipasi secara sinergi dalam mewujudkan kebermanfaatan situs tersebut …?
Tetapi sejak tahun 2015 ada semangat baru dari seluruh stakeholder untuk menyelesaikan masalah tersebut setelah Banten Lama dijadikan tempat penyelenggaraan World Heritage Day yang digagas oleh Indonesian Heritage Trust bekerja sama dengan Pemprov. Banten, Pemkot Serang dan NGO Banten Heritage yang dihadiri para tokoh pendiri Provinsi Banten. Didasari semangat dari konsep pengembangan Banten Lama sebagai ikon budaya Banten, kawasan tersebut mulai diwujudkan sejak tahun 2018, yang mengharuskan keterlibatan langsung pemerintah daerah (Provinsi dan Kab/Kota serta dukungan dari Kementerian terkait). Pekerjaan restorasi kompleks situs Banten Lama diharapkan dapat  memenuhi harapan masyarakat Banten dan masyarakat Indonesia pada umumnya, karena didasarkan pada keinginan mewujudkan pembinaan dan pengembangan situs arkeologi Banten Lama agar tetap memenuhi syarat-syarat kelestarian lingkungan, kenyamanan pengunjung dan peningkatan nilai tambah bagi perekonomian masyarakat setempat.

Referensi:
Guillot, Claude, Hasan M. Ambary, Jacque Dumarçay. 1990. The Sultanate of Banten, Jakarta: PT. Gramedia.
Miksic, John. N. 1986. ″Artifact, Monument and Urban Site Restoration″, Final Report, Seminar on Historical Sites of Banten, Jakarta : Ditlinbinjarah.
Mundardjito, Hasan M. Ambary, Hasan Djafar. 1986. ʺLaporan Penelitian Arkeologi Banten 1976ʺ,  dalam Berita Penelitian Arkeologi  n° 18, Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.
Mundardjito (ed.). 2005. Ragam Pusaka Budaya Banten, Serang: BPCB (Cet kedua: 2015).
Supratikno Rahardjo dkk (2011). Kota Banten Lama Mengelola Warisan untuk Masa Depan, Jakarta: Wedatama Widya Sastra.
Yogaswara, Herry & Suartina, Tine (2014).  Banten Lama dalam Perkembangan: Politik Ekonomi Pengelolaan Cagar Budaya, Jakarta: LIPI.

63 commentaires:

  1. Assalamualaikum wr.wb. Saya Annida Fitri Nurhidayati dari Kelas B izin mengomentari mengenai gangguan dan ancaman yang dapat merusak situs arkeolovi Banten Lama. Sebenarnya Faktor gangguan dan ancaman tersebut bisa muncul dari manusia sendiri. Hal ini tergantung bagaimana manusia menjaga dan melestarikan situs arkelogi Banten Lama. Seperti menjaga lingkungan sekitarnya (tidak membuang samapah sembarangan dan tidak membiarkan sampah menumpuk diarea Banten Lama.) Karena hal ini dapat menurunkan daya tarik wisata bahkan menurunkan jumlah wisatawan perharinya. Maka dari itu perlu dijaga lingkungan situa arkeologi tersebut. Kalau melihat dari Faktor alam itu sangat jarang. Walaupun kemungkinannya kecil tapi bisa saja jika terjadi bencana alam dapat merusak situs arkeologi Banten Lama. Tetapi semoga semua itu tidak akan terjadi.
    Terimakasih..��

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Betul, sudah banyak yang merusak bangunan di Banten Lama. Sehingga tidak indah dipandang

      Supprimer
  2. Assalamualaikum wr. Wb nama saya siti syainatunnisa izin mengomentari mengenai disiplin ilmu yg di gunakan untuk penelitian di banten lama selain arkeologi. Menurut saya disiplin ilmu yg di gunakan selain arkeologi adalah disiplin ilmu geografi karena disiplin ilmu geografi mempelajari tentang lokasi dan variasi keruangan atas fenomena fisik di permukaan bumi. oleh karena itu, geografi dapat digunakan untuk penelitian di banten lama. Selain geografi digunakan juga disiplin ilmu sejarah karena itu mempelajari tentang masalalu yang berhubungan dengat umat manusia.

    RépondreSupprimer
  3. Assalamualaikum wr wb, nama saya Hilma Ahda Ansyahdi, Pendidikan Sejarah kelas B. Izin berkomentar mengenai disiplin ilmu apa saja yang turut melakukan penelitian di situs Banten Lama.
    Sebagai warisan budaya masa lalu, pengembangan situs Banten lama sebagai Cagar Budaya perlu dipertahankan keberadaannya karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan kebudayaan. Kawasan situs Banten Lama, tidak hanya berfungsi untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan kelestarian semata, tetapi juga untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat, sehingga perlu dipertahankan keberadaannya.
    Benda Cagar Budaya mempunyai hubungan erat dengan kebudayaan dan sejarah perkembangan manusia. Untuk itu, menurut saya situs Banten lama tidak hanya penting bagi disiplin ilmu Arkeologi saja, tetapi juga bagi disiplin ilmu lainnya yang dapat melakukan analisis terhadapnya, seperti Antropologi yang dapat melihat keterkaitan antara benda Cagar Budaya dengan aspek sosio-cultural masyarakat.

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Natural science penting juga utk riset di Banten Lama, misalnya utk mengetahui faktor klimat, sedimentasi, dan lainnya ..!

      Supprimer
  4. Nama saya Bakriyah dari pendidikan sejarah kelas B izin berkomentar gangguan yang dapat mengancam hilangnya bukti arkeologis adalah dengan mencoret-coret bukti sejarah yang akan menghasilkan bukti tersebut, dan juga karena dibiarkan begitu saja tidak adanya perawatan membuat bukti sejarah juga akan hilang oleh karena itu harus ada yg merawat dan menjaga agar bukti sejarah tersebut tidak hilang

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Bagaimana menerapkan UU No. 11 Tahun 2010 dalam praktek ...?

      Supprimer
  5. Assalamualaikum wr.wb nama saya Ma'rifatul Hasanah dari kelas b. Izin mengomentari mengenai jenis gangguan atau ancaman apa yang berpotensi dan menghilangkan data arkeologi di situs benten lama. Menurut saya bisa dari manusia karena apabila manusia tersebut marusak dan tidak mau merawat atau menjaganya bisa jadi itu merupakan faktor ancamannya. Keadaan situs kepurbakalaan di kawasan Banten Lama tidak begitu terawat karena banyak situs kepurbakalaan yang terbengkalai dan tidak diperhatikan. Apabila dilihat di lapangan, situs kepurbakalaan sekarang ini seakan hanya bongkahan reruntuhan yang tidak ada nilainya. Diperparah lagi banyak orang yang memanfaatkan situs tersebut sebagai pusat kegiatan warga sekitar yang tidak terarah, sehingga menyebabkan kerusakan dimana-mana.
    Terimakasih

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Ayo fact finding ke BL, perlu studi lapang untuk detilnya ...!

      Supprimer
  6. Assalamu'alaikum..
    Saya Rama Satria Hidayatullah (2288190048) izin mengomentari terihal ancaman bagi situs banten lama, jadi menurut saya ancaman bisa muncul karena disebabkan oleh manusia, manusia yang mepunyai peran segalanya di dunia ini begitu juga terhadap situs banten lama..
    Terimakasih

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Kategori kerusakan ada pada peraturan perundang-undangan tentang cagar budaya, tinggal chek fisik ..!

      Supprimer
  7. Assalamualaikum wr.wb., saya Rumdah dari kelas B izin berkomentar terkait situs Banten Lama. Meskipun situs Banten Lama merupakan peninggalan arkeologi yang keberadaannya penting, masyarakat sekitar umumnya belum mampu menjaga situs tersebut dengan baik. Contohnya,Benteng Kaibon yang berupa reruntuhan sering digunakan untuk kumpuk-kumpul anak jalanan yang mengotori benteng dengan sampah dan melakukan corat-coret. Hal ini jelas sebuah tindakan perusakan.

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Nah ini maksudnya kompleks Kraton Kaibon ? Sampaikan ke juru peliharanya, atau secara resmi ke Kepala BPCB di Serang jika hal itu membahayakan ..! Mhs bisa KKL di sini kan?

      Supprimer
  8. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarrakatuh, saya Rilva Deni Yogatama (2288190038) dari kelas A izin berkomentar Pak, daya tarik yang paling dikenal dari situs banten lama selain dari sisa temboknya adalah masjid dan menara Banten lama Pak. Disana setiap orang bebas untuk mengunjungi bagian pelataran mesjid dan menikmati pemandangan dari arsitektur Banten lama yang kini telah direnovasi. Kalau menurut saya Pak, situs Banten Lama cocok sebagai wisata Urban pak, karena kebanyakan wisatawan yang datang adalah orang-orang yang ingin menikmati pemandangan dan berfoto di pelataran Banten Lama Pak. Sekian dari saya, terimakasih.

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Pusarannya di situ, living monument ..! Ide bagus, tpi bagaimana urban tourism bisa dirancang untuk kompleks situs itu ...? Harus ada pengaturan jumlah pengunjung di kompleks situs arkeologi ..!

      Supprimer
  9. Assalamualaikum saya Muhammad Ridzky dari kelas B izin berkomentar tentang ancaman atau gangguan. Jadi ancaman nya itu ketika ada gempa bumi yang dimana arsitekture bangunan nya bisa menjadi rusak dan gangguan nya adanya vandalisme di bangunan dan tidak ada yang peduli untuk merawat situs sejarah tersebut. Terimakasih

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Kita semua sebagai warga negara harus peduli, penting sosialisasi peran masyarakat dalam perlindungan cagar budaya

      Supprimer
  10. Menurut saya daya tarik utama banten lama adalah menara nya, beserta trmpat ziarahnya, tetapi kita bisa lihat sekarang karena di renovasi ya banten lama memiliki sisi positif dan negatif ya, tentu kita bisa lihat sisi positif ya memang banten lama mempunya daya tarik sehingga pengunjung banyak yang kesana, tetapi di samping itu mempunya sisi negatifnya akibat renovasi ya, yaitu orang cuman mau liburan saja sehingga melupakan tujuan kesana (ziarah)..

    RépondreSupprimer
  11. Assalamu'alaikum wr.wb, saya Lina Herlina mahasiswi pendidikan sejarah kelas A

    Apa yang menjadi daya tarik utama dari situs Banten Lama sebagai destinasi pariwisata? dan produk (bentuk) wisata seperti apa yang ideal bagi segmen pasar Banten Lama …?
    Karena lokasinya yang sangat menarik dan berdekatan antara situs yang satu dengan yang lainnya,serta banyak pengetahuan juga yg kita dapat ketika kita berkunjung ke Banten lama. Tidak hanya itu kawasan Banten lama juga sudah Yang menampilkan keindahan sehingga banyak sekali pengunjung yang bersua foto. Dan pengunjung juga biasanya bukan hanya sekedar ziarah tetapi mereka juga biasanya memborong oleh² yang ada di Banten lama. Terima kasih

    RépondreSupprimer
  12. Assalamualaikum,
    Saya Mohammad Hasan dari kelas A, izin mengomentari terkait wisata banten lama. Pertama, hal yang menjadi daya tarik dari wisata banten lama tentu saja wisata berbau sejarah kesultanan banten beserta sejarah budaya berbau islami. Hal ini didukung dengan peninggalan-peninggalan yang terdapat di kawasan banten lama seperti Surosowan, Masjid agung banten, keraton kaibon, meriam ki amuk serta peninggalan lainnya. Saat ini untuk pengelolaan terhadap peninggalan" tersebut sudah cukup baik. Untuk pihak terlibat yg mmemiliki kepentingan sudah tentu Dinas pariwisata yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan kebutuhan demi perkembangan Kawasan wisata banten lama

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Pikirkan perlunya kolaborasi antar lembaga dalam pengelolaan pariwisata di kompleks situs arkeologi ...!

      Supprimer
  13. Assalamualaikum saya Sukma Aji Pamungkas (2288190021) dari kelas A izin menjawab Tentang daya tarik apa yang ada di banten lama. Menurut saya daya tarik dari banten lama yaitu Masjid Agung Banten, Keraton surosowan, Menara banten dan lain-lain masih banyak yg menjadi tujuan wisatawan untuk datang ke banten lama. Segmen pasar yang ideal untuk banten lama adalah tentang bagaimana ciri khas dan kebanggaan dari masyarakat provinsi banten.

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Segmen pasar itu bisa warga kota, bisa juga dari luar kota atau luar negeri ditentukan oleh motivasi dan tujuan perjalanan. Coba ikut pikirkan kalau BL masuk kategori masstourism ... selalu disesaki pengunjung tiap hari ... efectnya terhadap situs, lingkungan dan masyarakat sekitar ?

      Supprimer
  14. Assalamualaikum wr,wb saya Dewi Yuliani dari kelas A izin mengomentari tentang, apa yg menjadi daya tarik utama dari situs Banten Lama sebagai destinasi pariwisata, menurut saya salah satu daya tarik dari situs banten lama ini masjid agung banten dan makam sultan hasanudin karena rata rata setiap org yang datang ketempat ini untuk berziarah banyak penziarah datang dari beberapa daerah dan menikmati pemandangan yg ada di tempat itu, selain itu di banten lama juga banyak situs situs bersejarah seperti keraton sorosowan, istana kaibon,benteng spelwijk, masjid agung, meriam kiamuk dan masih banyak lagi

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Sekarang bertambah kompleks ya ..? Ada solusi manajemennya ...?

      Supprimer
  15. Assalamu'alaikum, wr.wb. Nama saya Denisa Ramadhani (2288190001) dari Jurusan Pendidikan Sejarah Kelas A, Izin mengomentari, Apa yang menjadi daya tarik utama dari situs Banten Lama sebagai destinasi pariwisata? dan produk (bentuk) wisata seperti apa yang ideal bagi segmen pasar Banten Lama? Mungkin bagi para pecinta wisata sejarah dan religi akan puas sekali di Banten Lama. Karena semua berada dalam satu kawasan. Namun pada kenyataannya, setelah di revitalisasi dan di perindah fungsi dari situs Banten lama kian menurun Sekarang orang2 dateng ke banten tujuannya kebanyakan cuma buat main, bukan ziarah. Seharusnya bentuk wisata yang ideal disana ziarah, sambil mengenal sejarah kesultanan Banten. Bukan hanya sekedar selfie dan belanja oleh2 semata. Kurang lebihnya mohon maaf, Wassalamu'alaikum.Wr.Wb.

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Fenomena baru ... pikirkan semoga tidak keluar dari prinsip sustainable tourism !

      Supprimer
  16. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya Imas Mufliha (2288190020) Kelas A. Izin mengomentari. Menurut saya yang menjadi saya tarik Banten Lama ialah, Masjid Agung serta menara yang berdiri didepannya. Sebab kebayakan wisatawan yang berkunjung untuk berziarah serta menikmati panorama menara yang setiap malam terdapat lampu warna-warni yang indah.
    Bentuk wisata yg tepat untuk Banten Lama ini yaitu Segmentasi Pasar berdasarkan Geografi
    Pada segmentasi ini, pasar dibagi ke dalam beberapa bagian geografi seperti negara, wilayah, kota, dan desa. Daerah geografi yang dipandang potensial dan menguntungkan akan menjadi target operasi perusahaan.
    Segmentasi Pasar berdasarkan Sociocultural
    Sebagai dasar lebih lanjut untuk segmentasi pasar, segmentasi sosiokultural yang memiliki variabel sosiologis (kelompok) dan antropologis (budaya) dibagi dalam segmen yang sesuai tahap pada:
    Daur hidup keluarga
    Kelas sosial
    Budaya dan sub budaya
    Lintas budaya atau segmentasi pemasaran global.

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Perlu dipikirkan untuk riset social - economy of tourism

      Supprimer
  17. Assalamuallaikum wr wb. Saya Annisa Nur Hidayah dari pendidikan sejarah kelas A.
    Yang menjadi daya tarik utama dari situs Banten lama sebagai destinasi pariwisata yaitu terdapat pada wisata religinya. Dapat kita ketahui bahwa di Banten sendiri dahulunya terdapat kesultanan yang amat terkenal yaitu Kesultanan Banten. Banten lama sendiri sekarang ini sudah direkonstruksi sedemikian rupa untuk dijadikan destinasi pariwisata yang dapat menarik wisatawan berkunjung. Beberapa destinasi wisata religinya yaitu Masjid Agung Banten beserta Menaranya, orang orang yang berkunjung dapat berziarah ke makam dan sholat di masjid tersebut. Selain itu ada pula Vihara tertua di Banten. Yaitu Vihara Avalokitesvara yang menjadi bukti akulturasi kebudayaan yang dibangun oleh Sunan Gunung Jati pada abad 16. Wisata religi ini saya kira sudah cukup ideal, dilihat juga latar belakang masyarakat Banten itu mayoritasnya pemeluk agama islam dan Banten sendiri juga dijuluki sebagai kota santri dengan banyaknya pesantren. Dengan wisata religi ini masyarakat Banten atau dari luar banten dapat mengetahui sejarah kesultanan Banten. Mungkin kekurangannya yaitu banyaknya pungutan-pungutan liar di sekitar destinasi wisata tersebut

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Dengan restorasi secara bertahap semoga tertata dengan baik sebagai ikon Banten !

      Supprimer
  18. Assalamualaikum
    Nama saya Ayu Lisda dari kelas A. Ingin mengomentari tentang daya tarik wisata Banten Lama. Daya tarik utama wisata Banten Lama adalah wisata religi. Banyak orang-orang datang ke Banten Lama untuk berziarah ke makan para sultan Banten. Namun setelah Banten Lama di revitalisasi, banyak orang datang kesana hanya untuk sekedar main dan menikmati keindahan Banten Lama di malam hari.

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Social effect ... dinamika destinasi pariwisata seperti itu, semoga menjadi perhatian utk kembali ke konsep awal sbg pusat peradaban Islam.

      Supprimer
  19. assalamualaikum wr.wb saya putri bianca lestari dari pendidikan sejarah kelas A izin berkomentar mengenai ancaman dan gangguan yang dapat merusak data arkeologi di situs banten adalah vandalisme dimana tindak kriminal perusakan pencacatan dan membuat grafiti sembarangan

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. mohon maaf bapak maksud saya Putri bianca lestari dari kelas b

      Supprimer
  20. Assalamualaikum, saya Siti Komariyah dari kelas A (2288190045) izin berkomentar mengenai daya tarik utama kawasan Banten Lama adalah, Makam sultan Maulana Hasanudin, menara, masjid agung Banten, keraton, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada museum kepurbakalaan di kawasan Banten lama yang semakin melengkapi kawasan tersebut. Bukan hanya agama Islam yang berkembang, namun agama lain seperti adanya Vihara Avalokitesvara yang berdiri tidak jauh dari kawasan Banten lama. Produk ideal untuk pasar di kawasan Banten Lama adalah produk produk khas Banten seperti sate bandeng, produk produk dari Baduy, seperti batik baduy, madu, dsb.

    RépondreSupprimer
  21. Assalamualaikum wr,wb.
    Saya Asmunah (2288190009) dari pendidikan Sejarah 2019 kelas A, izin mengomentari yang menjadi daya tarik Banten lama.
    Kawasan Banten Lama merupakan kawasan yang cukup strategis dan mempunyai banyak potensi karena merupakan salah satu bentuk wisata budaya yang dapat menghadirkan suatu penggabungan religi dan ilmu pengetahuan, hal ini dapat menjadi daya tarik wisata. Di kawasan Banten lama juga tersedia bangunan-bangunan bersejarah dan asanya kolam air atau tasikardi yang menambah daya tarik wisatawan.
    Adapun untuk pasar yang ideal yaitu tersedianya tempat-tempat jualan yang tertata dengan baik.

    Terimakasih

    RépondreSupprimer
  22. Assalamualaikum wr.wb. Saya Sarah Aisyah Salsabilah (2288190004) dari kelas a Pendidikan Sejarah 2019 izin mengomentari terkait Apa yang menjadi daya tarik utama dari situs Banten Lama sebagai destinasi pariwisata? dan produk (bentuk) wisata seperti apa yang ideal bagi segmen pasar Banten Lama. Menurut saya yang menjadi daya tarik paling utama dari Banten Lama adalah Masjid Agung Banten dan Keraton Surosowan yang kebetulan merupakan dua bangunan paling mencolok disana, namun tak jarang para pengunjung juga datang untuk melihat Keraton Kaibon,Vihara Avalokitesvara,Benteng Speelwijk,Museum Kepurbakalaan Banten Lama, dan Tasik Kardi. Umumnya produk wisata yang ditawarkan adalah wisata bersejarah, napak tilas, dan berziarah. namun banyak sekali kita jumpai penjual makanan dan minuman juga berbagai macam cinderamata khas Banten Lama disekitar kawasan Banten Lama

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Wisata sejarah dan wisata ziarah, two forms of specific tourism ini saja kalau dikelola dgn baik akan menjadi destinasi yang luar biasa ..

      Supprimer
  23. Assalamualaikum nama saya Amalia Dwi Sahara dari kelas A izin berkomentar

    Banten lama menarik karena didalamnya ada berbagaimacam jenis pariwisata, mulai dari wisata religi dan wisata sejarah. Produk unggulan Banten lama adalah menara Banten dan keratom surosowan.
    Pihak yang berwenang dalam pengurusan Banten lama adalah pemerintah, BPCB Banten, dan pastinya kita semua selaku masyarakat untuk menjaga hal yang sudah seharusnya kita jaga.
    Terima kasih

    RépondreSupprimer
  24. assalamualaikum wr, wb saya Susi (2288190005) jurusan pendidikan sejarah kelas A izin mengomentari tentang Banten lama Banten lama menurut saya punya daya tarik yaitu bisa di sebut wisata religi karena bayak orang berkunjung ke Banten lama hanya untuk ber ziarah ke Banten lama salah satu yang paling menari dari Banten lama yaitu masjid Banten lama nya yang sudah ada sejak zaman dan itu merupakan salah satu daya tarik Banten lama, dan payung-payung etah apa namanya seperti di Mekah dan itu juga salah satu daya tarik Masyarakat untuk berkunjung dan bayak orang juga yt berkunjung ke baten lama hanya untuk selfi hanya untuk melihat keindahan Banten lama.
    terimakasih

    RépondreSupprimer
  25. assalamualaikum wr.wb saya shelita bunga apriyana (2288190039) dari kelas A izin mengomentari
    Kawasan Banten Lama, yang merupakan ikon Provinsi Banten itu sendiri. Banten Lama merupakan suatu kawasan wisata, berlokasi di Kecamatan Kasemen berjarak 12 Km
    ke arah utara dari pusat Kota Serang menuju teluk Banten. Kawasan tersebut berupa kompleks
    peninggalan Kesultanan Banten terdiri atas peninggalan-peninggalan sejarah diantaranya Masjid
    Agung Banten, Keraton, Benteng, Vihara dan Pemakaman Sultan-sultan Banten yang tentunya
    menjadi daya tarik wisata tersendiri bagi wisatawan terutama daya tarik wisata religi. Banyaknya wisata di Kawasan Banten Lama, membuat banyak pengunjung ramai mendatangi lokasi tersebut.dan ada berbagai aneka kuliner yang bisa disantap salah satunya adalah pecak bandeng sawah luhur yang turut menjadi daya tarik.dan produk wisata yang cocok untuk segmen pasar banten lama adalah wisata religi.

    RépondreSupprimer
  26. Assalamuallaikum wr wb. Yus Novriyanto,(2288190035) kelas A. Menurut saya yang menjadi daya tarik utama dari situs Banten lama sebagai destinasi pariwisata yaitu terdapat pada wisata religinya, seperti Makam sultan Maulana Hasanudin, menara, masjid agung Banten, keraton, dan masih banyak lagi dan kita ketahui sendiri bahwa di Banten pun dahulu terdapat pula kesultanan yang amat terkenal yaitu Kesultanan Banten. Masih banyak lagi tempat yang menjadi tujuan wisatawan untuk dateng ke Banten lama

    RépondreSupprimer
  27. Assalamualaikum wr.wr. Saya Mela Larensa (2288190034) Pendidikan Sejarah kelas A. Izin mengomentari, Banten Lama merupakan kawasan situs kota kuno Banten yang menjadi salah satu bukti sejarah muncul dan berkembangnya kerajaan-kerajaan Islam di nusantara. Daya tarik utama Banten Lama yaitu Masjid Agung dan makam-makan raja dan tokoh-tokoh agama lainnya. Selain itu terdapat pula Masjid Agung Banten Lama memiliki ciri-ciri seperti masjid-masjid tradisional lainnya yang ada di Jawa masjid ini mempunyai keistimewaan pada bagian pawestren yang merupakan bangunan khusus untuk wanita yang diperkirakan dibuat pada masa pemerintahan Maulana Muhammad, kemudian ada Menara, menara ini dibangun dengan konstruksi tembok dengan tinggi Puncak 23 meter dari permukaan tanah dengan bagian dasar dan Tugu berdenah segi delapan ornamen ini merupakan bentuk hiasan kala yang distilir dan dianalogikan dengan pintu masuk ke candi candi pada masa Hindu Budha. Pada bagian Puncak menara terdapat memolo atau mustoko berwarna merah hati yang terbuat dari tanah liat bakar menyerupai bunga yang sedang mekar dan wisatawan dapat melalui lorong tangga dengan konstruksi melingkar. Kemudian ada makam Sultan dan kerabat Sultan di mana Kompleks makam ini tidak terkonsentrasi di satu tempat tetapi tersebar di beberapa wilayah di sekitar kawasan Kesultanan Banten. Kompleks makam yang ada di kawasan ini yaitu Kompleks makam Kenari dan Kompleks makam di Masjid Banten. Selain itu ada Keraton surosowan di mana Keraton ini merupakan kumpulan bangunan tempat tinggal raja dan keluarganya. Selanjutnya ada vihara avalokitesvara Vihara ini merupakan Wihara tertua yang ada di pulau Jawa. Dari sejarah dan informasi masyarakat diketahui bahwa dibangunnya Wihara ini merupakan dampak dari pernikahan Syarif Hidayatullah sebagai penguasa Banten dengan Putri Ong Tien dari Cina. Kemudian ada Benteng speelwijk merupakan satu-satunya peninggalan struktur bangunan yang dibuat oleh Belanda ketika Kesultanan Banten masih berdaulat.
    Sekian, kuarng lebihnya mohon maaf. Wassalamualaikum wr.wb.

    RépondreSupprimer
  28. Assalamualaikum wr.wb. Saya Sekar Wulan Suci (2288190037) kelas A. izin mengomentari “Apa yang menjadi daya tarik utama dari situs Banten Lama sebagai destinasi pariwisata? dan produk (bentuk) wisata seperti apa yang ideal bagi segmen pasar Banten Lama …?”
    Menurut saya yang menjadi daya tarik utama situs Banten Lama tentunya adalah Masjid Agung Banten Lama. Masjid Agung Banten Lama menjadi tujuan banyak orang yang berdatangan. Pemandangan di Masjid Agung Banten Lama ini ketika malam hari juga sangat indah. Selain itu, banyak peninggalan-peninggalan sejarah di Banten Lama, dan Masjid Agung Banten Lama ini pun termasuk dalam cagar budaya. Ada benda bersejarah yaitu Meriam Ki Amuk, Benteng Speelwijk, dan Keraton Surosowan yang berdiri tepat di samping Masjid Agung Banten Lama.
    Segmen pasar yang tepat untuk Banten Lama tentunya harus memperhitungkan target yang ingin dicapainya. Karena Banten Lama adalah wisata religi, menurut saya lebih memfokuskan untuk membangun dan merekonstruksi Masjid Agung dan sekitarnya menjadi lebih baik lagi dan nyaman untuk dikunjungi pengunjung. Bangunan-bangunan sekitar Banten Lama yang merupakan bangunan bersejarah juga perlu dirawat agar bisa dikunjungi oleh wisatawan.

    RépondreSupprimer
  29. Assalamualaikum, saya Intan Juwita dari kelas A izin menjawab pertanyaan tentang daya tarik utama dari situs Banten Lama?
    Menurut saya yang menjadi daya tarik utama adalah menara masjidnya, payung (seperti payung yg di Madinah) di sekitar masjid, dan objek peninggalan sejarahnya seperti keraton surosowan, keraton kaibon, dan situs bersejarah lainnya. Semua hal itu lah yang menarik pengunjung untuk datang ke kawasan Banten Lama, jadi tidak hanya kegiatan religi saja yg bisa dilakukan, namun kegiatan rekreasi dan edukasi pun bisa dilakukan. Dan selain ketiga hal itu, semua aspek (5A) yang ada di Banten Lama pun turut berkontribusi untuk menarik minat pengunjung. Seperti yang sudah saya jelaskan, bentuk wisata yang ideal untuk kawasan Banten Lama adalah wisata religi (masjid agung Banten) rekrasi (sekitaran masjid, daerah keraton dan benteng, ditambah tidak jauh dari daerah situ juga ada pelabuhan karangantu dan pantai gope) serta edukasi (situs bersejarah yang dijadikan pembelajaran dan penambah wawasan bagi pengunjungnya).
    Terimakasih

    RépondreSupprimer
  30. Assalamu'alaikum, wr.wb. Nama saya Nuraeni (2288190001) dari Jurusan Pendidikan Sejarah Kelas A, Izin berkomentar mengenai daya tarik utama dari situs Banten dan produk ideal bagi segmen pasar Banten lama

    Untuk daya tarik utama situs Banten bisa ditinjau dari pariwisata berbentuk religi sekaligus bersejarah bangunnya yang indah dan juga memiliki sejarah yang sangat amat terkenang di Banten menjadikan daya tarik utama situs-situs ini seperti Makam sultan Maulana Hasanudin, menara, masjid agung Banten, dll.

    Untuk produk ideal bagi segmen pasar menurut saya adalah produk yang menjadi ciri khas Banten sendiri misalnya seperti kerajinan yang berbentuk seperti masjid agung Banten, dll
    Sehingga ketika para wisatawan berkunjung kesana mereka dapat membeli barang-barang unik yang menjadi ciri khas Banten dan dapat dijadikan sebagai oleh-oleh.

    RépondreSupprimer
  31. Assalamualaikum wr.wb. Saya Anshori dari Kelas B pendidikan sejarah izin mengomentari mengenai gangguan dan ancaman yang dapat merusak situs arkeolovi Banten Lama. Sebenarnya Faktor gangguan dan ancaman tersebut bisa muncul dari manusia sendiri. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya kesadaran dari masyarakat sekitar atau wisatawan yang mentaayi peraturan yg tersedia.

    RépondreSupprimer
  32. Assalamualaikum , nama saya Anissa Wulandari pendidikan sejarah 2019 kelas B , izin berkomentar mengenai gangguan atau ancaman yang berpotensi merusak atau menghilangkan data arkeologi di situs Banten lama Ancaman terhadap sistem informasi sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu :
    1. Ancaman aktif merupakan suatu kejahatan yang terjadi pada komputer dan suatu kecurangan berupa pencurian data.
    2. Ancaman pasif merupakan kegagalam sistem itu sendiri atau kesalahan manusia dalam memproses sistem, atau karena adanya bencana alam yang terjadi yang mengakibatkan ancaman bagi sistem itu sendiri.


    Selain itu ada beberapa ancaman yang terjadi pada sistem informasi yaitu penyalahgunaan teknologi berupaka kejahatan kriminal yaitu :
    1. Kejahatan yang dilakukan dengan menyusup kedalam sistem jaringan komputer tanpa sepengetahuan dari pemilik sistem jaringan komputer. Contohnya : seorang pelaku kejahatan atau hacker melakukan sabotase terhadap informasi yang sangat penting atau mencuri informasi yang sangat penting dan rahasia.
    2. Kejahatan dengan memasukkan data atau berupa informasi ke jaringan internet tentang sesuatu yang tidak benar dan melanggar ketentuan hukum. Contohnya pemuatan berita atau informasi yang tidak benar seperti memuat video pornografi, memuat informasi yang sangat rahasia seperti rahasi negara, dll
    3. Kejahatan dengan memalsukan data pada dokumen-dokumen penting yang tersimpan pada dokumen melalu internet.

    RépondreSupprimer
  33. Terima kasih untuk semua komentarnya. Sudah terdata seluruh issue yang mengemuka: perlindungan dan pemeliharan situs arkeologi, pengembangan budaya, destinasi, daya tarik, segmen pasar, produk pariwisata, perilaku pengunjung, serta potensi kuliner Banten memperkuat Banten Lama sebagai kawasan strategis pariwisata nasional dan provinsi. Thank you so much for all students (Class B and Class A). Ramadhan kareem.

    RépondreSupprimer
  34. Assalamualaikum wr, wb.
    saya Luthfiah Suryani dari kelas B, izin berkomentar mengenai disiplin ilmu apa yang menjadi penelitian di Banten Lama selain arkeologi. jadi selain para arkeolog yang pernah melakukan penelitian dan penggalian (ekskavasi). pada disiplin ilmu lain itu bisa diterapkan contonya seperti ilmu Antropologi, yang mempelajari tentang peradaban manusia dari bentuk yang paling sederhana sampai ketingkat yang lebih maju, ilmu geografi ,yang mempelajari ciri-ciri lapisan bumi serta berbagai perubahan yang terjadi padanya, karena hal hal tersebut berhubungan dengan ekskavasi. tetapi berbeda kalau suatu sumber tersebut didapat dari literatur, masyarakat setempat, atau tokoh setempat, yang bisa saja menggunakan disiplin ilmu seperti kajian historisnya, dari misalnya ilmu sosial, politik, ekonomi, ataupun ilmu psikologi.
    kalau dari pertanyaan Jenis gangguan atau ancaman apa yang berpotensi merusak dan menghilangkan data arkeologi di situs Banten Lama itu seperti contohnya yang dilakukan oleh kebanyakan manusia, kenapa? karena mungkin manusia itu secara tidak sengaja merusak atau sengaja dengan maksud tertentu. Hal ini bisa dilihat oarng-orang yang berkunjung ke Banten Lama, tidak semuanya yang datang kesana ingin menikmati situs sejarah, ada misalnya bermain ataupun melakukan kegiatan lain dengan merusak lingkungan- lingkungan yang manusia itu kunjungi dan ini tergantung bagaimana manusia menjaga dan melestarikan situs arkelogi Banten Lama. Seperti menjaga lingkungan sekitarnya, tidak buang sampah, atau mengotori situs bersejarah. ada juga ancaman lain seperti hujan badai, atau bencana yang tidak terduga, yang bisa saja berkemungkinan merusak data yang ada di situs ataupun data lain seperti mencuri, menyelundupkan, serta merusak artefak, bangunan, dan situs kuno.
    terimakasih

    RépondreSupprimer
  35. Assalammualaikum wr.wb. Nama saya Enisa Nur Awaliyah Mahasiswi pendidikan sejarah 2019 kelas B. Izin berkomentar mengenai Pengembangan Situs Banten Lama sebagai Destinasi Pariwisata, Pemerintah Provinsi Banten telah melaksanakan revitalisasi Kesultanan Banten tahap I baik dari aspek pembangunan Plaza Masjid Agung Banten, penataan PKL di sekitar Masjid maupun pembangunan infrastruktur kawasan Banten Lama.
    Saat ini, Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pariwisata Provinsi Banten melakukan segenap kegiatan dalam mendukung Program Revitalisasi Kawasan Banten Lama. Kegiatan tersebut antara lain pembinaan kelompok sadar wisata, sosialisasi sapta pesona, dan dukungan kegiatan festival Surosowan.
    Pemprov juga melakukan upaya dukungan dari Kementerian Pariwisata RI untuk pengembangan wisata budaya dan wisata religi serta pengusulan badan pengelola Kawasan Banten Lama.

    RépondreSupprimer
  36. Assalamualaikum wr.wb
    Saya Rizki Ramadhan dari kelas A, izin berpendapat. Menurut saya yang menjadi dayatarik destinasi wisata banten lama adalah reruntuhan reruntuhan yang klasik dan artistik, selain itu juga yang menjadi alasan pengunjung datang kesana adalah untuk berziarah. Bagunan yang memiliki nilai artistik dan lokasinya yang bagus sangat cocok untuk mengabadikan diri dengan latar belakang yang klasik dan artistik tersebut terlebih sekarang banten lama sudah direnovasi seperti adanya bangku dan taman yang sering di jadikan sekelompom wisatawan untuk berkumpul dan beristirahat di sana.
    Kemudian pihak yang memiliki kepintingan langsung terhadap situs banten lama menurut saya tentu saja pemerintah setempat dan masyarakat sekitar agar semua pihak berpartisipasi kuncinya adalah konunikasi, kebanyakan yang memikirkan pembangunan dan renovasi adalah para golongan elit saja seperti pejabat dan tokoh masyarakat, kebanyakan masyarakat biasa tidak tahu akan hal tersebut. saya mempunyai pengalaman saat berkunjung ke sana, saat saya menanyai penduduk setempat ada beberapa yang tidak mengetahui sejarah dari banten lama tersebut, dan saya sebagai orang kampung juga menyadari bahwa pengunjung atau wisatawan yang berkunjung karena paksaan keluarga dan penduduk kampung untuk melakukan ziarah ke sana, jadi menurut saya kebanyakan pengunjung hanya berkunjung untuk ziarah yang sudah menjadi tradisi mereka. Dalam hal ini perlu adanya pemyluhan untuk masyarakat setempat, dan perlu kesadaran untuk memikirkan kepentingan bersama agar banten lama semakain menarik. Karena rata rata masyarakat acuh tak acuh terhadap masalah tersebut dan beranggapan bahwa jika melakukan hal tersebut tidak ada untungnya bagi mereka. Hal ini lah yang harus kita perbaiki. Kita harus menumbuhkan rasa kebersamaan dan saling percaya antara pemerintah setempat dan masyarakat setempat, jadi harus ada penyuluhan dan pembentukan rencana bersama, dan menjelaskan bahwa rencana ini merupakan rencana yang bisa menghasilkan surplus yang berkepanjangan, hal ini bisa membuat banten menarik dan bisa memiliki banyak pengunjung, jika banyak pengunjung tentusaja hal tersebut sama sama menguntungkan semua pihak.

    RépondreSupprimer
  37. Detil sekali commentnya Luthfiah, Enisa dan Rizki Ramadhan. Thanks a lot. Semoga harapan anda dan harapan kita semua terwujud.

    RépondreSupprimer
  38. Asalamualaikum wr wb nama saya een suhaeni izin mengomentari, jadi yang menjadi daya tarik banten lama yaitu wisata religi nya banyak orang orang kesana bertujuan untuk berziarah apalagi sekarang banten lama sudah di renovasi oleh pemerintah makin banyak wisatawan yang berkunjung disana itu semua dapat menguntungkan masyarakat setempat dan juga pemerintah

    RépondreSupprimer