samedi 19 avril 2014

Seminar Peran Generasi Muda Dalam Pelestarian Cagar Budaya



Peringatan Hari Pusaka Dunia (World Heritage Day) mendapat sambutan luas dari para pemangku kepentingan. Dalam semangat Hari Pusaka Dunia tersebut, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Serang telah menyelenggarakan Seminar Seminar Peningkatan Peran Serta Generasi Muda dalam Pelestarian Cagar Budaya di Provinsi Banten bertemakan “Revitalisasi Nilai Local Genius Kebudayaan Banten bagi Generasi Muda”, di Hotel Mahadria, Kota Serang hari Senin (14/04). Dalam laporannya, Kepala BPCB, Judi Wahjudin mengatakan bahwa seminar diselenggarakan guna meningkatkan peran generasi muda untuk ikut berpartisipasi secara aktif dalam melestarikan cagar budaya, sehingga pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya kebudayaan sudah tertanam sejak usia remaja. 
Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof. Kacung Marijan saat membuka seminar menyatakan bahwa pelestarian cagar budaya penting sekali bagi generasi muda sebagai wujud dari partisipasi publik sesuai dengan Undang-Undang No. 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya. “Provinsi Banten memiliki sumberdaya budaya yang sangat potensial untuk dikembangkan bagi dunia pendidikan dan kebudayaan bangsa”, katanya. Sementara itu Kepala Disbudpar Provinsi Banten, Endrawati SPd, menyambut baik kegiatan ini. “Kami akan terus bersinergi dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud untuk mengelola aset-aset budaya Banten yang dapat dikembangkan dalam kaitannya dengan pengembangan kepariwisataan daerah”, harapnya.

Seminar tersebut menampilkan tiga narasumber. Dipandu oleh Jakaria Kasimin dari BPCB Serang, Desril Riva Shanti, Kepala Balai Arkeologi Bandung menyampaikan hasil penelitian arkeologi di daerah Banten, dilanjutkan dengan presentasi Moh. Ali Fadillah, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Banten tentang Kearifan Lokal dalam sejarah dan arkeologi Banten, dan Boyke Pribadi dari Untirta menyampaikan berbagai model promosi dan pengayaan pengetahuan tentang cagar budaya bagi generasi muda.
Hadir pula pada kesempatan itu Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Banten, Kepala BPCB Serang, para wakil Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kab/Kota, perwakilan KNPI, organisasi kemahasiswaan dan para siswa sekolah menengah, serta para pelaku seni dan budaya dari seluruh kab/kota di Provinsi Banten.

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire