Workshop Metodologi Penelitian
Fakultas Ushuluddin IAIN SMH Banten
Anyer | 6 September 2013
PERMASALAHAN
Mengapa peristiwa penyebaran
agama Islam dianggap
penting dalam sejarah Nusantara ?
FAKTA
Letak
geografis Nusantara jauh dari pusat-pusat sebaran Islam
Islam
datang sebagai agama baru di Nusantara
Perubahan
sosial budaya dan politik ekonomi
NALAR
Islamisasi
di kepulauan sarat makna
Bisa dilihat dari berbagai sudut pandang:
• Politik
• Ekonomi
• Sosial
dan budaya
Bisa pula dilihat dari sudut pandang agama !
Bisa pula dilihat dari sudut pandang agama !
• Praktek
keagamaan
• Pemikiran
keagamaan
Keyword: Tumbuh dan berkembangnya Islam di Nusantara bersifat
universal dan juga lokal.
SOAL PERTAMA
Data dan sumber informasi tentang
kedatangan Islam sangat terbatas dan sekalipun tersedia masih
sulit dipahami secara rasional
IDENTIFIKASI:
Ketersediaan, keaslian, dan keabsahan sumber sejarah serta kapasitas /
kapabilitas peneliti dalam mengeksplorasi sumber sejarah:
Data
arkeologi: situs, monumen, ecofact, artifact (ideofact dan
sociofact)
Sumber
sejarah tertulis: manuskrip,
piagam, prasasti, reçit de voyage, arsip
dan dokumen lain
Data
etnografi: mitologi, legenda, adat istiadat / ritual
Data
Piktorial: sketsa, gambar, lukisan.
Fotografi:
lama dan baru
Keyword: Sumber tidak pernah lengkap, bersifat fragmentaris,
lebih terfokus pada great tradition (lingkar
kekuasaan).
SOAL KEDUA
Asal-usul Islam di Indonesia (Banten) masih menjadi persoalan pelik: dari mana, kapan, mengapa dan
bagaimana penduduk Nusantara memeluk agama
IDENTIFIKASI:
Islam di Nusantara datang dari India Selatan atau langsung
dari tanah Arab.
Islam diperkenalkan oleh para penguasa, pedagang
atau juru dakwah.
Kelompok
pertama yang
menerima Islam adalah rakyat
biasa atau para penguasa.
Penyebarannya apakah dari pesisir ke pedalaman,
dari barat ke timur atau sebaliknya.
Keyword: Asal-usul masuknya Islam berada dalam selubung mitos,
legenda yang diturunkan dari generasi ke generasi
SOAL KETIGA
Masih ada perbedaan tafsir mengenai
apa yang dimaksudkan Sejarah
Islam: antara fenomena agama dan
fenomena sosiologis
IDENTIFIKASI:
Fenomena ekonomi dalam perluasan jaringan
perniagaan rempah lintas benua (Eropa Barat dan Asia Tiimur).
Fenomena sosiologis dalam pembentukan komunitas muslim di
luar Jazirah Arab.
Fenomena sufistik (jaringan brotherhood mistik
Islam dari Asia Tengah dan Selatan).
Keyword:Pendekatan dan metolodologi yang dipilih belum ajeg
dalam mengoperasionalkan subyek riset
CATATAN
CATATAN
Secara SINKRONIK tema besar studi Islam di Indonesia
terkonsentrasi pada pusat kekuasaan mencakup ruang mukim yang kompleks bercorak
urban dan rural.
• Dari
sisi fisik, indikatornya tampak pada pengungkapan sistem dan tata kelola
pemerintahan, karakter ruang fisik perkotaan Islam dengan pusat istana,
pelabuhan dan pemukiman dalam kota.
• Dari
dimensi sosial, difokuskan pada kehidupan feodal pemerintahan Islam, status
dan hierarki sosial, pranata budaya, kelembagaan pemerintahan dan keagamaan,
pergulatan ideologi dalam membentuk faham kebangsaan menjelang kelahiran NKRI
melalui berbagai partai politik Islam beserta dengan gambaran tokoh-tokoh utama
dalam konteks ruang dan waktunya.
• Dalam
keseluruhan subyek, pendekatan pun sangat beragam, mulai dari sejarah,
filologi, sosiologi, antropologi, ekonomi dan pendekatan baru yang disebut
hagiologi.
• Proses
islamisasi terus berlangsung dan menunjukkan ragam bentuk dan cara.
Secara DIAKRONIK, kajian Islam mencakup rentang waktu yang
panjang, dari mulai awal mula masuk, tumbuh dan berkembangnya Islam sampai era
kontermporer di Indonesia.
• Terkait
dengan awal masuknya Islam, hingga kini masih menyisakan masalah, berkenaan
dengan kapan dan dimana Islam masuk dan bersemai. Kendati secara berkala
dibahas dalam Seminar Sejarah Islam, bukti baru prasasti Arab dan Persia pada
sejumlah nisan kubur di pesisir barat Sumatera yang jarang dijadikan obyek
penelitian, perlu revisi.
• Fase
perkembangan dan keruntuhan, apakah negara-negara bercorak Islam telah
menerapkan hukum Islam dalam sistem ketatanegaraannya, bagaimana praktek hukum
diberlakukan dengan mengacu pada Qanun atau sejenisnya dengan nama
Undang-Undang seperti halnya di Kesultanan Banten.
• Penting
dicatat adalah bagaimana perkembangan masyarakat di luar pusat kekuasaan (little
tradition)? Sumber informasi sebagai dasar rekonstruksi sejarah perlu terus
dieksplorasi.
• Lokalitas
Banten harus dilihat sebagai social interacation sphere dan sekaligus
menjadi episentrum penyebaran Islam.
1. Saluran, metode, muatan, dan pelaku dalam
islamisasi awal
2. Gambaran kemajuan kota Banten setelah
masuknya Agama Islam
3. Karakter peradaban Islam yang menjadi asas sistem
kesultanan
4. B asis dan orientasi ekonomi perdagangan masa
kesultanan
5.
Kemajuan
Ilmu pengetahuan dan teknologi masa kesultanan
6.
Struktur
dan diferensiasi sosial kesultanan Banten dan periode berikutnya
7. Perlawanan masyarakat Banten menghadapi
despotisme kolonial
8. Awal
tumbuhnya gerakan kebangsaan di daerah Banten
9. Kehidupan masyarakat Banten dalam bingkai NKRI
10. Kontemporenitas Islam di Banten dalam
persaingan global
Note:
Dalam sesi tanya-jawab, ada empat isu yang memerlukan pembahasan lebih lanjut, yaitu: (1) kurangnya studi Islam lokal, termasuk eksistensi lembaga pesantren dalam sistem pengajaran agama dan perkembangan regional, (2) jika perdagangan sebagai saluran penting dalam proses islamisasi awal bagaimana perannya dalam pengembangan Islam di era berikutnya, dan (3) agama Islam datang dari sebelah timur Banten, padahal pusat penyebaran Islam berasal dari barat (Timur Tengah dan India melalui Selat Malaka), (4) kurangnya minat mahasiswa untuk mengajukan tema kajian pada Islam kontemporer.
Referensi untuk memperdalam kajian:
Ambary, Hasan Muarif (1998), Menemukan Peradaban, Jejak Arkeologis dan Historis Islam Indonesia, Jakarta : Logos; Ambary, Hasan Muarif. 2001. “Sunan Gunung Jati dan Peranan Cirebon sebagai Pusat Perkembangan dan Penyebaran Islam, Tinjauan dari Perspektif Arkeologi”, Seminar Nasional Sejarah Sunan Gunung Jati dan Pengembangan Pariwisata Budaya Islam, Cirebon, 22-23 April 2001, IAIN Sunan Gunung Jati; Ambary, Hasan Muarif (1991) “Makam-Makam Kesultanan dan Para Wali di Pulau Jawa”, Aspek-Aspek Arkeologi Indonesia, No. 12, Jakarta : Puslit Arkenas; Abdullah et.al, Taufik (1991), Sejarah Ummat Islam Indonesia, Jakarta: MUI; Ayatrohaedi, 1995. “Babad Cirebon”, Kirana, Jakarta : FSUI dan PT. Intermasa : 307-314; Ayatrohaedi, 2001. “Sunan Gunung Jati : Pembuktian Terbalik”, makalah pada Seminar Nasional Sejarah Sunan Gunung Jati dan Pengembangan Pariwisata Budaya Islam, Cirebon; Baldick, Julian. 1989. Mystical Islam, London: McMillan; Bougas, Wayne (1988) Islamic Cemeteries in Patani, Kuala Lumpur: Persatuan Sejarah Malaysia; Bowen, John R. (1984), “Death and the History of Islam in Highland Aceh”, Indonesia, No. 38, October 1984; Brandes, J.L.A. & Rinkes, D.A. (1911), “Babad Tjirebon : Uitvoerige inhoudsopgave en noten met inleiding en bijbehoorrenden tekst”, VBG deel XIL, tweede stuk, eerste gedeelte; Chambert-Loir, Henri & Guillot, Claude (eds. 1995), Le Culte des Saints dans le Monde Musulman, Paris : EFEO; Chodkiewicz, Michel. 1995. “La Sainteté et les Saints en Islam”, in Henri Chambert-Loir & Claude Guillot, Le Culte des Saints dans le Monde Musulman, Paris : EFEO; Djadiningrat, Hoesein. 1983. Tinjauan Kritis Tentang Sajarah Banten, Jakarta : Penerbit Djambatan; Drewes, G.W.J. (1995), “Short notice on the story of Haji Mangsur of Banten”, Archipel, No. 42; Fadillah, Moh. Ali (2000), “The Islamic antiquities of Badung: A Contribution to History of the Bugis Community in Bali”, Jurnal Walennae, No. 4, Makassar; Fadillah, Moh. Ali (2001), “Pengkultusan Orang Suci pada Masyarakat Sunda, Kontinuitas Budaya Lokal dalam Ritual Keagamaan Islam”, Kongres Internasional Budaya Sunda, Bandung: Rancage-Toyota Foundation; Guillot, Claude dan Kalus, Ludvik (2008), Inskripsi Islam Tertua di Indonesia, Jakarta : Kepustakaan Populer Gramedia; Kalus, Ludvik & C. Guillot (2013), "La Principaute de Daya, mi-XVe-mi-XVI siecle (Epigraphie islamique d'Aceh", Archipel 85; Guillot, C. & Chamber-Loir, Henri 1995. “La tombe de Sunan Gunung Jati” , in Henri Chambert-Loir & Claude Guillot, Le Culte des Saints dans le Monde Musulman, Paris : EFEO, hal. 255-250; Lombard, Denys. 1970. “Pour une histoire des villes du Sud-Est Asiatique”, Annales Economique, Sociale et Culturelle, No. 4. Paris, hal. 842-858; Lombard, Deny, (1996), Nusa Jawa Silang Budaya (Le Carrefour Javanais, Essaies d’Histoire Globale), vol. III, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama; Makmun, Ismail. 1996. “Motivasi ziarah kubur di lokasi Banten Lama”, dalam Hasan Muarif Ambary (ed.), Masyarakat dan Budaya Banten, Jakarta : Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, hal. 225-241; Reid, Anthony (1988), Southeast Asia in the Age of Commerce, c.1450 1680. Vol.I: The Lands below the Winds. 1988; Richlefs, MC (1982), The Historty of Modern Indonesia, London: Mcmillan; Sibawaih, Ikyan. 2001. “Syarif Hidayatullah dalam Perspektif Kewalian”, Seminar Nasional Sejarah Sunan Gunung Jati dan Pengembangan Pariwisata Budaya Islam, Cirebon, 22-23 April 2001, IAIN Sunan Gunung Jati; Susanto, Edi (2011), “Pemikiran Nurcholish Madjid tentang Pendidikan Agama Islam Multikultural Pluralistik, Perspektif Sosiologi Pengetahuan”, Disertasi IAIN Sunan Ampel, Surabaya; Tjandrasasmita et.al., Uka. (1975), Sejarah Nasional Indonesia, Vol. 3, Jakarta. Depdikbud; Tjandrasasmita, Uka (1976), Sultan Ageng Tirtayasa, Musuh Besar Kompeni Belanda, Jakarta; Tjandrasasmita, Uka. 1999. “Dampak Perpecahan Politik di Kerajaan Cirebon kepada Penempatan Kubur Raja-Raja di Kompleks Makam Sunan Gunung Jati”, dalam Henri Chambert-Loir & Hasan Muarif Ambary, Panggung Sejarah, Persembahan kepada Prof. Dr. Denys Lombard, Jakarta : EFEO-Puslit Arkenas-Yayasan Obor Indonesia, pp. 285-299.
Ambary, Hasan Muarif (1998), Menemukan Peradaban, Jejak Arkeologis dan Historis Islam Indonesia, Jakarta : Logos; Ambary, Hasan Muarif. 2001. “Sunan Gunung Jati dan Peranan Cirebon sebagai Pusat Perkembangan dan Penyebaran Islam, Tinjauan dari Perspektif Arkeologi”, Seminar Nasional Sejarah Sunan Gunung Jati dan Pengembangan Pariwisata Budaya Islam, Cirebon, 22-23 April 2001, IAIN Sunan Gunung Jati; Ambary, Hasan Muarif (1991) “Makam-Makam Kesultanan dan Para Wali di Pulau Jawa”, Aspek-Aspek Arkeologi Indonesia, No. 12, Jakarta : Puslit Arkenas; Abdullah et.al, Taufik (1991), Sejarah Ummat Islam Indonesia, Jakarta: MUI; Ayatrohaedi, 1995. “Babad Cirebon”, Kirana, Jakarta : FSUI dan PT. Intermasa : 307-314; Ayatrohaedi, 2001. “Sunan Gunung Jati : Pembuktian Terbalik”, makalah pada Seminar Nasional Sejarah Sunan Gunung Jati dan Pengembangan Pariwisata Budaya Islam, Cirebon; Baldick, Julian. 1989. Mystical Islam, London: McMillan; Bougas, Wayne (1988) Islamic Cemeteries in Patani, Kuala Lumpur: Persatuan Sejarah Malaysia; Bowen, John R. (1984), “Death and the History of Islam in Highland Aceh”, Indonesia, No. 38, October 1984; Brandes, J.L.A. & Rinkes, D.A. (1911), “Babad Tjirebon : Uitvoerige inhoudsopgave en noten met inleiding en bijbehoorrenden tekst”, VBG deel XIL, tweede stuk, eerste gedeelte; Chambert-Loir, Henri & Guillot, Claude (eds. 1995), Le Culte des Saints dans le Monde Musulman, Paris : EFEO; Chodkiewicz, Michel. 1995. “La Sainteté et les Saints en Islam”, in Henri Chambert-Loir & Claude Guillot, Le Culte des Saints dans le Monde Musulman, Paris : EFEO; Djadiningrat, Hoesein. 1983. Tinjauan Kritis Tentang Sajarah Banten, Jakarta : Penerbit Djambatan; Drewes, G.W.J. (1995), “Short notice on the story of Haji Mangsur of Banten”, Archipel, No. 42; Fadillah, Moh. Ali (2000), “The Islamic antiquities of Badung: A Contribution to History of the Bugis Community in Bali”, Jurnal Walennae, No. 4, Makassar; Fadillah, Moh. Ali (2001), “Pengkultusan Orang Suci pada Masyarakat Sunda, Kontinuitas Budaya Lokal dalam Ritual Keagamaan Islam”, Kongres Internasional Budaya Sunda, Bandung: Rancage-Toyota Foundation; Guillot, Claude dan Kalus, Ludvik (2008), Inskripsi Islam Tertua di Indonesia, Jakarta : Kepustakaan Populer Gramedia; Kalus, Ludvik & C. Guillot (2013), "La Principaute de Daya, mi-XVe-mi-XVI siecle (Epigraphie islamique d'Aceh", Archipel 85; Guillot, C. & Chamber-Loir, Henri 1995. “La tombe de Sunan Gunung Jati” , in Henri Chambert-Loir & Claude Guillot, Le Culte des Saints dans le Monde Musulman, Paris : EFEO, hal. 255-250; Lombard, Denys. 1970. “Pour une histoire des villes du Sud-Est Asiatique”, Annales Economique, Sociale et Culturelle, No. 4. Paris, hal. 842-858; Lombard, Deny, (1996), Nusa Jawa Silang Budaya (Le Carrefour Javanais, Essaies d’Histoire Globale), vol. III, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama; Makmun, Ismail. 1996. “Motivasi ziarah kubur di lokasi Banten Lama”, dalam Hasan Muarif Ambary (ed.), Masyarakat dan Budaya Banten, Jakarta : Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, hal. 225-241; Reid, Anthony (1988), Southeast Asia in the Age of Commerce, c.1450 1680. Vol.I: The Lands below the Winds. 1988; Richlefs, MC (1982), The Historty of Modern Indonesia, London: Mcmillan; Sibawaih, Ikyan. 2001. “Syarif Hidayatullah dalam Perspektif Kewalian”, Seminar Nasional Sejarah Sunan Gunung Jati dan Pengembangan Pariwisata Budaya Islam, Cirebon, 22-23 April 2001, IAIN Sunan Gunung Jati; Susanto, Edi (2011), “Pemikiran Nurcholish Madjid tentang Pendidikan Agama Islam Multikultural Pluralistik, Perspektif Sosiologi Pengetahuan”, Disertasi IAIN Sunan Ampel, Surabaya; Tjandrasasmita et.al., Uka. (1975), Sejarah Nasional Indonesia, Vol. 3, Jakarta. Depdikbud; Tjandrasasmita, Uka (1976), Sultan Ageng Tirtayasa, Musuh Besar Kompeni Belanda, Jakarta; Tjandrasasmita, Uka. 1999. “Dampak Perpecahan Politik di Kerajaan Cirebon kepada Penempatan Kubur Raja-Raja di Kompleks Makam Sunan Gunung Jati”, dalam Henri Chambert-Loir & Hasan Muarif Ambary, Panggung Sejarah, Persembahan kepada Prof. Dr. Denys Lombard, Jakarta : EFEO-Puslit Arkenas-Yayasan Obor Indonesia, pp. 285-299.
Aucun commentaire:
Enregistrer un commentaire