samedi 7 septembre 2013

Retrospective to Banten Future

Mengetahui, memahami, menghayati dan mengapresiasi karya adalah juga karakter inovatif. Kunjungan Ibu Gubernur Banten ke Gerai Balitbangda Provinsi Banten di Ritech Expo 2013 pada acara puncak Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-18 di TMII Jakarta telah memberi semangat yang luar biasa bagi para inovator dan calon inovator dari pedesaan Banten untuk ikut berkiprah dalam penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Banten berbasis sumber daya pedesaan.  

Teuweul atau Ko'ok adalah spesies Trigona, sejenis lebah tak bersengat yang hidup di lingkungan pedesaan. Masyarakat pedesaan sejak lama telah menandai betapa hewan ini telah memberinya sisi kehidupan lain dari sumber pakan manusia: madu dan bahan lain yang sangat baik untuk kesehatan ekosistem alam dan manusianya. Orang lain boleh menamai hewan ini dengan nama sesuai bahasa daerah masing-masing, tetapi orang Banten sejak dari kakek, buyut dan tradisi yang sudah sangat lama menyebutnya teuweul atau ko'ok.  Bukan kita yang menemukan mereka, tetapi merekalah yang menemukan kita, karena ternyata teuweul hidup berkoeksistensi dengan manusia. Pohon, bunga, rumput, alang-alang dalam ekosistem yang ideal adalah habitat asli mereka. Juga rumah atau pondok dari bambu dan kayu, tempat mereka membuat sarang bagi kesinambungan koloninya. Tetapi kali ini, para teuweul harus bertahan selama tiga hari di tempat yang panas, tanpa nectar yang cukup dan tanpa serbuk sari yang semestinya tersedia, mereka harus bersabar untuk segera pulang kampung ke Kalanganyar di Pandeglang. Namun, kegundahan, kegelisahan dan kekuatiran serta kelelahan para pembudidaya teuweul tiba-tiba sirna, dan berubah menjadi kebahagiaan saat Gubernur Banten berkenan memeriksa koloni teuweul, baik yang hidup di rumah buatan ataupun di dalam sebuah batang kayu yang sengaja didatangkan dari habitat aslinya. Apresiasi Ibu Gubernur telah menguatkan fondasi budaya kami, yaitu semangat berinovasi. Hatur nuhun Bunda, sebuah perjalanan yang patut dikenang (Texte and Photo by Irwan - Komunitas Pat-Lima/trigonasfarmer).

Kisah selanjutnya dapat diikuti melalui: http://trigonasfarmer.blogspot.com/
Banten Trigonas Village: Pesona Lebah Trigona dalam RITECH Expo 2013 Part.1...: Lebah trigona yang kami pamerkan pada acara RITECH Expo 2013 di Jakarta hanya dua koloni saja, yaitu satu koloni jenis T. Fuscobaltheata da...
See also:  http://litbang.bantenprov.go.id

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire